LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM ALGORITMA & STRUKTUR
DATA
MODUL I
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN
NETBEANS
Disusun Oleh :
TGL PRAKTIKUM
: 16 MARET 2014
NAMA
: FAUZIYAH
NRP
: 130631100108
KELOMPOK : C1
DOSEN PENGAMPU :
PRESSA PERDANA S.S
ASISTEN : SUDIYANTO
|
LABORATORIUM
MICROTEACHING DAN KOMPUTER
JURUSAN PENDIDIKAN
INFORMATIKA
FAKULTAS ISIB
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Algoritma
merupakan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan
langkah-langkah tersebut tersusun secara logis
dan efisien agar masalah yang kita selesaikan dapat terselesaikan dengan
cepat dan tepat. Dalam menyelesaikan masalah dengan algoritma, maka kita harus menggunakan bahasa
pemrograman. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah java menggunakan netbeans
yangmenggunakan lisensi GPL sehingga bisa di download dan digunakan secara gratis.
1.2 Tujuan
Dalam praktikum ini, diharapkan praktikan :
• Dapat memahami Algoritma serta pemrograman dengan
netbeans.
• Dapat
mengimplementasikan Algoritma serta pemrograman dengan netbeans.
BAB II
DASAR
TEORI
1.1. Pengenalan Algoritma
Algoritma
adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis. Kata logis disini berarti benar sesuai dengan logika manusiaUntuk
menjadi sebuah algoritma, urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan
masalah harus memberikan hasil yang benar. Misalkan saja ―algoritma aktifitas
pagi hari sebelum berangkat kerja‖ yang dikerjakan oleh seorang eksekutif
junior untuk turun dari tempat tidur dan bekerja: (1) Turun dari tempat tidur;
(2) melepas piyama; (3) mandi; (4) berpakaian; (5) makan pagi; (6) baca koran;
(7) pergi kerja. Rutin ini membuat eksekutif junior bekerja dengan persiapan
yang baik untuk membuat keputusan−keputusan kritis. Andaikan langkah yang sama
dilakukan dengan urutan yang sedikit berbeda, misalnya: (1) Turun dari tempat
tidur; (2) melepas piyama; (3) berpakaian; (4) mandi; (5) baca koran; (6) makan
pagi; (7) berangkat kerja. Di dalam kasus ini eksekutif junior tersebut
berangkat ke tempat kerja dalam keadaan basah kuyub.
1.2. pengenalan UML
Unified
Modeling Language (UML) belakangan ini merupakan skema representasi grafis yang
banyak digunakan secara luas untuk pemodelan sistem berorientasi object. UML
ini telah menyatukan berbagai skema notasi populer bersama−sama. Banyak yang
merancang sistem mengunakan bahasa ini (dalam bentuk diagram) untuk memodelkan
sistem mereka. UML adalah bahasa grafis yang kompleks dan kaya dengan fitur.
Salah satu model diagramnya adalah Activity Diagram. Dalam pembahasan
algoritma ini, digram UML yang akan digunakan adalah activity diagram.
Sebuah activity diagram memodelkan aspek dari tingkah laku sistem. Activity
diagram memodel aliran kerja obyek (urutan aktivitas) selama eksekusi
program. Activity diagram adalah flowchart yang memodel aksi yang akan
dikerjakan oleh obyek beserta dengan ordenya.
1.2. Pengenalan NetBeans
NetBeands
adalah merupakan IDE yang ditujukan untuk memudahkan pemrograman java. Dalam
NetBeans , pemrograman dilakukan
berbasis visual dan event driven. Persis seperti IDE lain, misalnya Borland
Delphi dan Micrsoft Visual Studio. Untuk membuat dialog atau user-interface,
kita tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris,tetapi
cukup klik pada component pallete. Teks program akan dihasilkan secara
otomatis. NetBeans mencakup compiler atau builder , dan debugger internal. Hal
ini sangat memudahkan proses paska perancangan program. Proses deployment dan
atau tanpa tes dapat juga dilakukan dari dalam NetBeans. Cara menggunakan
NetBeans untuk menjalankan java.
1. Pastikan dulu anda sudah
menginstal java di computer Anda
2. Kemudian download juga NetBeans
3. Instal NetBeans di komputerta
Anda
4. Setelah
kedua software siap, jalankan NetBeans
BAB III
PELAKSANAAN
PRAKTIKUM
1.
Langkah –
lahkah praktikum
Langkah-langkah
praktikum sebagaimana di terangkan dalam modul 1.
2.
LATIHAN
a) Buatlah project baru dengan nama Algoritma1
b) Buatlah kelas baru dengan nama Latihan1
c) Ketikkan program berikut :
public class Latihan1
{
public static void main(String args[])
{
// ini adalah komentar
System.out.println("Halooo semua...");
System.out.println("Selamat belajar
java");
}
}
Hasil Output
Halooo semua...
Selamat belajar java
d) Ubah bagian program berikut
System.out.println("Halooo semua...");
System.out.println("Selamat belajar
java");
Menjadi
System.out.print("Halooo semua...");
System.out.print("Selamat
belajar java");
e) Dari hasil
output apa yang dapat Anda simpulkan?
public class Latihan1
{
public
static void main(String args[])
{
//
ini adalah komentar
System.out.print("Halooo
semua...");
System.out.print("Selamat
belajar java");
}
}
Hasil Output
Halooo
semua... Selamat belajar java
f) Buatlah kelas baru lagi dengan
nama Latihan2
g) Buatlah program untuk menampilkan
output seperti berikut :
Output
Kami sedang belajar java
Jangan diganggu…!
Answer :
public class Latihan2
{
public static void main(String args[])
{
// ini adalah komentar
System.out.println("Kami sedang belajar
java");
System.out.println("Jangan diganggu…!");
}
}
BAB IV
PENUTUP
1 . Kesimpulan
NetBeans
mencakup compiler dan builder, dan debugger internal jadi kita tak perlu
membuat teks program secara manual baris per baris, tetapi cukup dengan klik
pada component-pallete. Teks program akan di hasilkan secara otomatis. Hal ini
sangat memudahkan proses pasca perancangan program.
2 . Saran
Mohon
berikritik dan saran anda. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar